[Review Novel] In A Blue Moon by Ilana Tan

25053346

“Apakah kau masih membenciku?”

“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

♣ Detail ♣

Judul : In A Blue Moon

Penulis : Ilana Tan

Ukuran : 13.5 x 20 cm

Tebal : 320 halaman

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Terbit : April 2015

Cover : Softcover

ISBN : 978-602-03-1462-4

No Produk : 40101150021

Yeah, akhirnya setelah vakum selama dua tahun atau mungkin lebih. Ilana Tan kembali meluncurkan Novelnya yang ke-6 berjudul ‘In A Blue Moon‘ . Walaupun sebenarnya dia tidak benar-benar vakum, karena pada kenyataannya Ilana Tan sempat meluncurkan ‘Seasons to Remember‘ sebuah journal dari novel tetralogi 4 musimnya, yaitu Summer In Seoul, Autumn In Paris, Winter In Tokyo, dan Spring In London. Selain itu, Ilana Tan juga ikut memberikan cerpennya ke dalam kumpulan cerpen berjudul ‘Autumn Once More‘ bersama dengan beberapa penulis lainnya.

Sebelum mulai membahas novel ini, aku secara pribadi ingin berterimakasih kepada Gramedia, kak Ilana Tan, dan kak @rizkyyadityaa karena sudah memberikan sampel novel ‘In A Blue Moon‘ secara gratis dan bahkan bertanda tangan :”D

bluemoon

inabluemoon

Jujur awalnya aku sempat bingung ikut PO In A Blue Moon di Grazera atau tidak karena suatu alasan, tapi ternyata keesokkan harinya, tepatnya waktu aku masih asik menulis FanFiction, tiba-tiba mama aku nge-bbm dan bilang kalau ada paket buat aku. Ya, padahal waktu itu aku ada di lantai dua sementara mama ada di lantai satu wkwk.

Aku langsung turun dan agak bingung karena kertas yang digunakan untuk membungkus paket tersebut bergambar lambang Gramedia. Aku ingat-ingat lagi ternyata beberapa waktu lalu aku mendapatkan email dari salah seorang staff Gramedia dan dia bilang kalau aku akan mendapat sebuah paket buku yang ternyata ini dia paketnya! In A Blue Moon. Dikirim ketika yang lain masih asik PO dan belum mendapatkan novel mereka. Sekali lagi terimakasih kepada Gramedia, kak Ilana Tan, dan juga kak @rizkyyadityaa.

Ok. Kembali ke novel. Menurut aku pribadi, novel yang menceritakan kisah cinta antara Lucas Ford dan Sophie Wilson ini bisa dikategorikan sebagai Novel Ilana Tan dengan cast pria yang paling romantis dari semua novel karya-nya, tentu saja nomor 1 tetap jatuh pada Nishimura Kazuto dalam Winter In Tokyo.

Lucas Ford muda sendiri digambarkan sebagai remaja yang mempesona dan cukup menjaga image-nya, terlebih lagi pada kedua temannya. Makanya dia menyebarkan rahasia Sophie Wilson karena tidak ingin kedua temannya mengetahui jika dia menyukai Sophie.

Berbeda dengan Lucas Ford dewasa. Seorang koki kepala di salah satu restaurant yang muncul di ‘Sunshine Becomes You’. Ia dekat dengan seorang model dan membuat beberapa orang mengira bahwa mereka memiliki hubungan, tapi sayangnya Lucas tidak memiliki perasaan pada model tersebut.

Sementara Sophie Wilson digambarkan sebagai seorang gadis manis, berbadan kecil, dan memiliki sebuah toko kue bernama ‘A Piece of Cake’. Dan Sophie membenci Lucas karena apa yang telah dilakukan oleh pria itu ketika mereka masih SMA.

Jalan cerita novel ini sendiri sebenarnya bukan hal yang asing lagi, sebuah perjodohan yang dilakukan oleh kedua belah pihak karena ikatan pertemanan yang telah berlangsung lama, sebut saja antara Kakek Lucas dan Kakek Sophie. Mereka telah menjodohkan keduanya, dan status mereka sekarang adalah bertunangan.

Lucas Ford yang notabendnya sangat dibenci Sophie itupun berusaha meminta maaf dan memperbaiki imagenya di depan Sophie dengan berbagai macam cara. Namun saat Sophie mulai memaafkan dan menerima kehadiran Lucas, orang di masa lalu Sophie datang.

Well, aku cukup cerita segini aja. Selanjutnya aku mau ngebahas kekurangan dan kelebihan novel ini menurut aku pribadi.

♦♦♦♦

▼Kekurangan : Menurut aku pribadi, kekurangan dari novel ini adalah klimaks yang kurang menegangkan dan terkesan bertele-tele.

▲Kelebihan : Pembaca pasti setuju kalau tokoh pria dalam novel Ilana Tan memiliki sifat romantis yang terkadang membuat pembaca gemas. Siapkan diri kalian untuk berkali-kali tersenyum membayangkan Lucas Ford dengan segala keromantisannya untuk mendapatkan maaf dari Sophie. Selain itu cerita dari novel ini juga ringan untuk dibaca. Cara penulisan setiap kata dalam novel ini sangat mudah dimengerti, dan ini semakin menambah nilai plus pada novel In A Blue Moon.

♦♦♦♦

Ada beberapa hal yang bisa aku ambil setelah membaca novel In A Blue Moon ini ;

♣ Jangan membuat seseorang berharap padamu jika kau tidak memiliki keinginan untuk bersamanya.

♣ Belajar untuk memaafkan seseorang di masa lalu demi masa depan yang lebih baik.

♣ Dan yang terakhir, belajar untuk percaya pada seseorang yang  kau cintai.

♦♦♦♦

Ada beberapa quotes yang aku suka dari novel ini:

♥ “Jangan menciumnya.”

“Apa?”

“Tradisi ciuman Tahun Baru. Jangan menciumnya. Kalau kau harus mencium seseorang, cium saja Nic. Di pipi.”

“Aku tidak berencana mencium siapa pun selain tunanganku.”

♥ “Kau mungkin tidak sempurna, tapi kau sempurna untukku.”

Dan penilaian terakhir, aku memberi….

3½  dari

✿✿✿✿

Untuk kalian yang punya rekomendasi Novel, FanFiction, Film maupun Music Video buat aku review. Kalian bisa menulisnya di kolom komentar

xoxo 

Heena Park

8 pemikiran pada “[Review Novel] In A Blue Moon by Ilana Tan

  1. Wah… aku baru baca ulasan yang ditulis sepertinya keren akan jalan ceritanya dan jadi penasaran . aku jadi pengen beli novelnya… 😀
    makasih atas info novel terbaru Ilana Tan 😀

    Suka

  2. Kemaren aku liat sih di aplikasi ijak kalo g salah, soalnya covernya sama2 biru wkwk katanya bagus, soalnya aku suka cerita yang pembawaannya ringan. Mungkin akan aku baca, tapi konfliknya ttb perjodohan ya, agak bosan sebenernya mengingat biasanya cerita yg temanya berjodohan alur ceritanya gitu2 aja ._. Tapi ntar aku coba baca, thanks reviewnya kak

    Suka

    • nah itu dia kekuatan dari novelnya Ilana Tan 🙂 dia ngerubah sesuatu yang mainstream (read : perjodohan) jadi sesuatu yang gak biasa dan terkesan mengalir tanpa kesan pasaran:) kamu harus dan wajib baca novel ini xixixi ❤

      Suka

Tinggalkan komentar